5 manfaat tanaman ciplukan untuk obat tradisional

5 manfaat tanaman ciplukan untuk obat tradisional

Story-Doi - buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita orang jawa yaitu buah ciplukan, nama latin buah ini ialah Physalis angulata merupakan salah buah yang mempunyai manfaat bagi kesehatan kita. Rasa asam manis alias kecut membuat buah ini ada yang suka dan tidak, hayo siapa yang sering makan buah ciplukan..? 

Apa kalian sudah tahu kalau apa saja manfaat buah ciplukan ini,? Pasti jawabanya belom, dan apa saja kegunaannya bagi kesehatan anda.? juts for you, kali ini saya akan sajikan berbagai manfaat dari buah yang rasanya asam manis ini, yuk go to my note.

5 manfaat tanaman ciplukan untuk obat tradisional

Ciplukan mempunyai banyak sekali sebutan, setiap daerah mempunyai sebutanya yang berbeda beda bagi buah ini,seperti cecenet, nyurnyuran, ciplukan atau apalah itu. Buah ini ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang tergolong berat, seperti mengobati sakit paru paru, darah tinggi dan beberapa penyakit yang tergolong berat lainya. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam tanaman buah ciplukan :
  • Pada buahnya ( Vitamin C, Gula, Fisalin, Tanin, Kriptokanin, Polifenol, dan steroid )
  • Biji ( asam palmiat, dan strearat )
  • Akar ( alkaloid )
  • Daun ( Flavonoid, dan saponin )
5 manfaat tanaman ciplukan untuk obat tradisional

Wah banyak juga ya kandungan yang terdapat dalam tanaman cuplukan, jadi pengen yoba nih heheee, mungkin banyak orang yang menyepelekan buah yang satu ini, karena terlehat seperti buahyang tidak memilki kandungan yang bermanfaat maka terkadang malah di basmi tanaman cuplukan ini. Untuk itu saya akan memberi tahu ke pada kalian semua mengenai beberpaa manfaat yang dapat kita dapat dari buah ciplukan ini.

1. Mampu melawan kanker
Dari penelitian yang di lakukan oleh beberapa peniliti mengenai buah ciplukan ini dan ternyata buah cuplukan ini bisa membantu melawan kanker loh gak percaya kan, ya meskipun terlihat biasa biasa aja tapi siapa sangka memiliki khasiat yang luar biasa. Dalam study yang di lakukan menemukan bahwa ekstrak tanman ciplukan ini padat melawan dan bahkan membunuh sel sel gangsa yang tumbuh di dalam tubuh, dengan cara mengecilkan ukuran tumor kancer. Mengejutkan bukan. !!!

2. Mengobati penyakit ayan/epilepsi
Kalian ada salah sorang teman atau keluarga yang sedang sakit ayan, waspadalah !!! penyakit ini cukup berbahaya. penyakit ayan bisa juga loh di obati dengan cara mengkonsumsi 10 butir buah ciplukan setiap hari. Lakukan pengkonsumsian secara teratur ya agar bisa mendapat hasil maksimal dan cepat sembuh. 

3. Mengobati penyakit diabetes
Mengobati penyakit diabetes bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi obat obatan tradisional salah satunya dengan tanaman ciplukan ini. Dengan menggunakan bagian akar dari tumbuhan ciplukan, caranya cabut tanaman ciplukan yang sudah berbuah, lalu ambil bagian akarnya dan cuci sampai bersih. Kemudian rebus akar ciplukan dengan 3 gelas air mineral, tunggu sampai benar mendidih. Setelah mendidih ambil air dari rebusan dengan menyaringnya. Minum rebusan dari akar ciplukan ini satu hari sekali secara rutin agar bisa mendapat hasil maksimal. Mudah bukan, nah sekarang tinggal di coba ya !!!

4. Mengobati permasalan penyakit paru paru
Selain dapat mengobati ayan tanaman ciplukan juga memiliki khasiat lainnya yaitu mengobati sakit paru paru. Cara menggunakanny yaitu dengan merebus seluruh bagian dari tanaman ciplukan (akar,batang,daun,dan buahnya) dengan air sebanyak 3 samapai 5 gelas air mineral. Ambil airnya dan komsumsi sehari 3 kali.

5. Menurukan darah tinggi / hipertensi
Anda mengidap darah tinggi..? jika ia, anda dapat menggunakan buah ciplukan sebagai alternatif menurunkan darah tinggi. Lakukan pengobatanya dengan merebus 5 buah ciplukan atau setara dengan 5 gram buah ciplukan dengan air kira kira 110 ml selama 10 sampai 15 menit. Aduk terus sampai mendidih, jika sudah mendidih diamkan supaya panas nya turun. Lakukan konsumsi air rebusan buah ciplukan ini 2 kali dalam sehari secara rutin.

Wah banyak juga ya khasiat tanaman ciplukan, bukan hanyak di buahnya saja ternyata sampai akar, daun, batang, bunga, dan buahnya bisa mengobati penyakit. Dan itulah yang bisa Doi berikan mengenai informasi seputar tanaman ciplukan. Baca juga manfaat buah lainya di Story-Doi.



0 Response to "5 manfaat tanaman ciplukan untuk obat tradisional"

Post a Comment